Jenis-Jenis Bahan Dasar Pembuatan Plastik Kresek

Bahan dasar pembuat plastik kresek

Jenis-jenis bahan dasar yang digunakan untuk membuat plastik sangatlah banyak. Karena itu ada plastik yang aman digunakan untuk membungkus makanan adapula yang tidak.

Contohnya adalah kantong kresek. Jenis plastik ini terbuat dari material yang kurang aman jika bersentuhan dengan makanan secara langsung. Bahkan, kantong kresek ini sebagian besar dibuat dari daur ulang.

Jenis-Jenis Bahan Dasar Plastik Kresek

Berikut beberapa bahan dasar yang biasa digunakan dalam pembuatan plastik kresek:

Poliporpilena (PP)

PP merupakan jenis plastik yang cukup banyak digunakan dalam pembuatan plastik kemasan seperti halnya kemasan plastik kresek.

Dalam industri plastik, plastik PP ini sering dianggap sebagai baja nya plastik. Hal ini dikarenakan struktur dasarnya yang berupa monomer propylene ini dapat dimodifikasi sedemikian rupa untuk pembuatan beragam jenis plastik sesuai kebutuhan.

Dibandingkan jenis plastik lain, PP lebih kaku, tahan benturan, dan tidak mudah sobek (fleksibel). Karena itu plastik jenis ini sering digunakan dalam industri listrik.

Polietilena (PE)

Bahan dasar pembuat plastik kresek

Merupakan plastik yang paling banyak digunakan di industri plastik. Selain mudah ditemukan, plastik ini pun tidak membutuhkan biaya produksi yang relatif mahal.

Plastik ini memiliki tiga tipe yakni:

HDPE: ciri utamanya yakni plastiknya kuat, tahan cuaca, bening / tembus cahaya, dan lebih tahan senyawa kimia.
LDPE: tahan terhadap alkohol, asam, dan juga alkali karena dibuat dengan proses polimerisasi bertekenan tinggi.
LLDPE: tingkat kelenturannya sangat bagus dan proses produksinya lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan asap beracun.

Apabila kalian sedang membutuhkan jenis plastik kresek yang berkualitas untuk di sablon menggunakan logo atau identitas kalian, silakan untuk melakukan order sablon plastik di Paxil Creative.

Di sana kalian dapat menyablon plastik kresek dengan beberapa jenis pilihan bahan dasar yang dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Itulah beberapa jenis-jenis bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan plastik kresek yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel yang akan datang!